Tentang : Haid

Haid
1. Pengertian Haid
Yang dinamakan haid yaitu darah yang dikeluarkan seorang wanita yang sudah berumur 9 tahun (Hijriah) kurang sedikit. Bukan karena sakit atau melahirkan. Wallahu ‘alam.
2. Hukum Mempelajari Tentang Haid Dan Hal-Hal Sekitarnya
Mempelajari tentang haid dan hal-hal sekitar haid bagi seorang wanita hukumnya wajib ‘ain. Sehingga baginya diwajibkan pergi dari rumah untuk mengkaji ilmu tersebut dan bagi seorang suami diharamkan melarang istrinya pergi apabila ia tidak dapat memberi pelajaran sendiri. Sedangkan bagi suami yang dapat mengajarkannya sendiri , maka ia wajib mengerjakannya. Wallahu ‘alam.

3. Dalil haid
a. Firman Allah
“Mereka bertanya kepadamu tentang haid. Katakanlah, ‘Haid itu adalah kotoran.’ Oleh karena itu, hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haid; dan janganlah kamu mendekati mereka sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya, Allah menyukai orang-orang yang bertobat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri.” (al-Baqarah: 222)
b. Sabda Rasulullah S.A.W
“haid itu adalah sesuatu yang telah ditakdirkan Allah kepada cucu-cucu wanita Adam. (HR Bukhari – Muslim)
4. Batas Minimal Umur Wanita Mulai Haid
Perempuan dapat mengeluarkan darah yang dihukumi haid pada umur 9 tahun (Hijriyyah) kurang – tidak genap 16 hari.
contoh: anak perempuan umur 9 tahun (hijriyyah) kurang 20 hari 20 malam tepat. Kemudian ia mengeluarkan darah selama 10 hari 10 malam. Maka darah yang keluar selama 4 hari 4 malam lebih sedikit yang pertama disebut darah istihadhah (darah penyakit) sebab saat itu sang anak belum mencapai batas umur wanita mengeluarkan haid. Kemudian darah yang 6 hari 6 malam kuran sedikit yang terakhir disebut haid. Karena sudah masuk batas minimal wanita mengeluarkan darah haid.
5. Lama Waktu Haid
Haid minimal 24 jam. Baik terus menerus atau terpisah-pisah keluarnya dalam 15 hari 15 malam. Maksudnya terus-menerus, sekira kapas dimasukkan dalam kemaluan wanita masih ada basahnya darah walau hanya berwarna kuning atau keruh dan tidak sampai keluar pada bagian yang wajib dibasuh waktu istinjak (mencuci najis).
Adapun darah yang keluar lamanya kurang dari 24 jam atau mencapainya tetapi terpisah-pisah dalam waktu 15 hari 15 malam itu tidak disebut darah haid, bahkan istihadhah.
Maksimal darah haid 15 hari 15 malam. Umumnhya haid 6 hari 6malam atau 7 hari 7 malam berdasarkan penelitian imam syafi’i pada wanit-wanita Arab.

Peringatan !
1. Darah yang dikeluarkan lamanya tidak jelas (diragukan) apakah mencapai 24 jam atau tidak, itu hukumnya khilaf (diperselisihkan). Menurut Ibnu Hajar tidak disebut haid. Sedangkan menurut Imam Romli disebut haid walaupun terpisah-pisah dalam 15 hari 15 malam serta warnanya lebih dari 1 macam.
2. Jika ada wanita mengeluarkan darah haid terputus-putus yang diberi hukum haid adalah kesemuaan waktu keluar darah dan waktu putus yang ada di sela-selanya (bukan hanya keluarnya darah saja).
Misal : keluar darah 3hari putus 4 hari, keluar lagi 1 hari putus 5 hari, keluar lagi 1 hari , maka keseluruhan 14 hari dihukumi haid.
3. jika ada wanita mengeluarkan darah haid terputus-putus maka aturan ibadahnya sebagai berikut :
– jika lamanya mengeluarkan darah belum mencapai 24 jam, maka ia tidak wajib mandi.
– Dan jika lamanya mengeluarkan darah sudah mencapai 24 jam, maka sewaktu – waktu darahnya putus, dia harus mandi, shalat dan lain sebagainya seperti orang suci.
– Jika darahnya masih keluar lagi, maka mandi, shalat, puasa yang dikerjakan pada putus darah tersebut tidak sah. Oleh karena itu besok ia wajib mengqadha (mengganti) puasa yang wajib dikerjakan pada hari putus darah tersebut dan dia tidak berdosa berhubungan suami- istri karena hanya melihat zhahirnya saja.
– Kemudian sewaktu-waktu darahnya putus lagi dia wajib mengerjakan hal-hal seperti di atas lagi. Kemudian jika darahnya masih keluar lagi, maka keseluruhan hal-hal yang dikerjakan di atas tidak sah lagi, begitu seterusnya selama belum melewati 15 hari 15 malam dihitung dari pertama kali mengeluarkan darah. Wallahu ‘alam.
4. darah yang dikeluarkan wanita hamil sebelum terasa hendak melahirkan (nglarani jawa) itu dihukumi haid. Sedangkan yang dikeluarkan setelah terasa henda melahirkan, insya Allah akan diterangkan pada bab Nifas.
5. wanita baik sudah pernah haid atau belum dia diharamkan shalat dll (dihukumi sementara), sebab melulu mengeluarkan darah (tidak perlu menunggu 24 jam). Selanjutnya jika darah tidak mencapai 24 jam tidak dihukumi haid maka harus mengqadha shalat yang ditinggalkan selama mengeluarkan darah. Wallahu ‘alam.

6. Lama waktu suci dari haid
Minimal suci pemisah antara haid satu dengan haid selanjutnya 15 hari 15 malam. Umumnya suci 23 hari atau 24 hari, maksimal suci tidak terbatas.

Peringatan !
1. Jika seorang wanita mengeluarkan darah haid, kemudian suci lamanya kurang dari 15 hari, akan tetapi jika ditambah dengabn haid sebelumhya telah mencapai 15 hari, lalu mengeluarkan darah lagi, maka darah yang pertama disebut darah haid. Kemudian putusnya dan awal darah yang kedua yang menjadi penyempurna 15 hari dihukumi suci, kemudian darah selebihnya jika memenuhi syarat haid disebut haid.
Contoh : seorang wanita mengeluarkan darah 7 hari kemudian putus 13 hari, kemudian keluar lagi 5 hari. Maka darah yang 7 hari pertama disebut haid, lalu putus 13 hari ditambah awal darah kedua selama 2 hari dihukumi suci. Kemudian darah selebihnya (3 hari) disebut darah haid lagi.

Capture11

2. Haid atau suci yang diusahakan dengan obat itu hukumnya sah. Maksudnya pada waktu haid yang diusahakan ia diharamkan menjalankan hal-hal yang diharamkan atas orang haid. Dan besok setelah ia suci tidak wajib mengqadha shalat yang ditinggalkan selama mengeluarkan darah tersebut. Dan pada waktu suci yang diusahakan, dia halal melakukan hal-hal selayaknya orang suci seperti membaca Al Qur’an , berhubungan suami-istri dan sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s